Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Cara Membuka Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

Cara Membuka Usaha Cuci Motor - Banyak usaha yang bisa dijalankan secara serius seperti usaha cuci motor. Di kota-kota besar usaha ini tidak asing bagi anda dan pasti pernah mencuci motor dengan dibawa ke jasa cuci motor kan?. Usaha ini terlihat seperti sepele, namun jika di tekuni pasti sangat menguntungkan.


Jika anda tinggal di tempat yang padat penduduk sangat efektif untuk memulai bisnis ini, karena biasanya orang akan malas mencuci motornya karena sibuk atau memakan banyak waktu. Alasan itulah yang membuat orang lebih memilih membawa motornya ke jasa cuci motor lebih hemat waktu karena menggunakan semprotan dari kompresor. Harganya pun sangat murah, sehingga dapat menjangkau semua kalangan.

Bagaimana?, anda tertarik untuk memilih peluang usaha ini sebagai bisnis anda?. Ada beberapa tips yang perlu anda simak untuk memulai usaha ini:

Cara Membuka Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

1. Siapkan Modal dan Alat-alat
Sebelum memulai usaha apapun poin yang satu ini sudah harus anda siapkan, yaitu modal dan juga alatnya. Kisaran modal awal yang bisa anda siapkan kurang lebih untuk membeli kompresor, sabun cuci motor, selang dan lain sebagainya. Untuk harga kompresor cuci motor bervariasi antara Rp.2.000.000 sampai Rp.4.000.000 tergantung merk dan kualitas. Untuk modal keseluruhan siapkan 15 juta saja.

2. Cari Lokasi yang strategis
Tempat atau lokasi merupakan faktor utama ramai atau tidaknya usaha cuci motor yang akan anda jalankan nanti. Memilih lokasi yang tepat bukan perkara yang mudah, selain biaya yang tinggi biasanya sudah banyak usaha cuci motor disekitar. Jadi anda harus jeli menganalisa tempat tersebut, apakah sering di lewati pengendara motor, atau di pinggir jalan supaya usaha anda bisa di lihat oleh banyak orang khusus nya pengendara motor.

3. Desain tempat pencucian yang bersih dan menarik
Walaupun hanya sebatas tempat pencucian, jangan remeh kan hal ini. Kebersihan tempat pencucian juga diperhatikan konsumen, Maka dati itu anda harus memilih desain tempat yang menarik. Sangat di sarankan desain pada bagian pencucian dan finishing harus rapi dan bersih.

Pada umumnya tempat pencucian motor sering di hinggapi lumut, karena setiap hari usaha ini berhubungan dengan air yang bisa memicu datangnya lumut. Untuk mengurangi dampak lumut tersebut sebaiknya gunakan dinding keramik pada bagian pencucian, supaya terhindar dari lumut. Jika anda memiliki karyawan, jangan lupa untuk mengingatkan tentang kebersihan tempat.

4. Sediakan ruang tunggu yang nyaman
Kadang kala tempat pencucian motor kebanjiran konsumen hingga antri. Pada dasarnya setiap orang paling malas untuk menunggu. Maka yang harus anda lakukan adalah membuat tempat tunggu yang nyaman, dan membuat konsumen betah meskipun harus menunggu lama karena antri. Sediakan berbagai macam fasilitas pendukung seperti Tv, Tv Kabel, Radio atau Koneksi Wifi.

Sebaiknya ruang tunggu terhubung dengan tempat pencucian, artinya konsumen bisa melihat proses pencucian motornya. Jika kinerja karyawan anda baik dan tempat pencucian terlihat rapi dan bersih bisa di pastikan ia akan menjadi pelanggan tetap anda.

5. Berikan Pelayanan Terbaik
Pada saat ini memberi pelayanan terbaik sudah di lakukan oleh setiap usaha jasa. Karena jika mengabaikan konsumen, sama saja membuang kepercayaan konsumen terhadap kita. Jika kepercayaan konsumen anda hilang satu saja, bisa berdampak buruk bagi usaha anda di kemudian hari.

Tekankan pada karyawan juga untuk selalu memperhatikan pelayanan kepada konsumen, Ucapkan terimakasih pada saat konsumen membayar atau memberikan senyuman setiap ada konsumen yang datang. Meskipun terlihat sepele, namun cara ini sangat efektif untuk menarik mereka datang kembali.

6, Promosi
Jika anda ingin usaha cuci motor anda ramai, tentu usaha anda harus di kenal supaya konsumen datang untuk mencuci motornya. Promosi yang paling sederhana adalah dengan cara memasang banner atau spanduk didepan tempat pencucian, berikan juga diskon yang bisa membuat konsumen tertarik untuk datang, misal saja memberi layanan Gratis jika sudah mencuci sebanyak 10 kali di tempat anda, atau tambahkan tulisan Free Wifi di banner. Cara tersebut dijamin ampuh untuk memperkenalkan usaha anda,

Sekian artikel hari ini tentang menggeluti usaha yang lagi laris belakangan ini. Jika anda memiliki kritik dan saran, silahkan berikan melalui komentar. Artikel Cara Membuka Usaha Cuci Motor Untuk Pemula diatas hanyalah hasil analisa saja, mohon maaf bila ada salah penulisan, jika anda rasa artikel ini sangat bermanfaat silahkan bagikan ke teman anda, supaya bisa berguna bagi sesama.

Baca Juga Peluang Usaha Jualan Keliling Pakai Motor

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuka Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

0 komentar:

Poskan Komentar