Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

ternak di lahan sempit - Mungkin sebagian orang berpikir bahwa jika ingin memulai usaha ternak hewan harus dengan lahan yang luas, supaya bisa mendapatkan hasil yang besar juga. Usaha ternak tidak harus dengan lahan yang luas, dengan lahan yang kecil pun sudah bisa menjalankan bisnis di bidang peternakan.

Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Beberapa usaha ternak yang membutuhkan lahan yang luas adalah Sapi, Kambing dan Ayam. Usaha tersebut paling tepat bila di lakukan di daerah pedesaan. Jika anda ingin membuka usaha ternak, tapi tinggal di kota yang cenderung memiliki lahan yang sempit. Jangan berkecil hati, masih banyak peluang usaha ternak yang bisa anda coba dengan lahan yang sempit. Lalu, bisnis ternak apa yang paling tepat dijalankan di lahan sempit?. Silahkan simak beberapa ide dibawah ini:

Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

1. Ternak Belut didalam drum
Jika anda memiliki lahan sempit yang bisa anda manfaatkan, cobalah untuk beternak belut dengan menggunakan media drum atau kolam terpal. Cara membuat kolam dari terpal atau drum tidaklah sulit, apa lagi belut adalah hewan yang bisa digunakan sebagai olahan makanan yang disukai oleh bayak orang.

2. Beternak burung Kicau
Bagi orang yang gemar sekali memelihara burung kicau tentu akan mudah untuk menjalankannya, selain sudah paham tentang ciri-ciri burung, bisnis ini akan sangat menyenangkan karena bisa di bilang hobi yang menghasilkan. Menarik bukan?,

Untuk burung hias yang langka, mungkin akan sulit untuk cara penangkarannya. Tapi jika anda serius dan terus mempelajari nya, hal tersebut tidak akan sulit bagi anda. Pada proses penjajakan biasanya menghabiskan banyak biaya sembari belajar, namun jika anda berhasil sekali saja, akan mendapat keuntungan yang sangat besar.

3. Budidaya jangkrik pakan Burung
Masih ingat dengan poin 2 tentang beternak burung Kicau?. Peminat burung kicau sangat banyak dan tidak ada matinya. Maka tentu mereka membutuhkan pasokan makanan untuk burung kicaunya, salah satu makanan yang jadi andalan pemelihara burung kicau adalah jangkrik. Bukan hanya yang memelihara burung saja, namun para penjual pakan burung juga memerlukan banyak pasokan jangkrik untuk dijual. Maka di sinilah peran peternak jangkrik di butuhkan.

Baca juga Usaha Yang Menjanjikan di Desa

4. Ternak Ikan Hias
Tambah satu lagi hewan yang bisa di ternak di laham sempit adalah ikan hias. Banyak jenis ikan hias yang memiliki prospek yang menjanjikan karena harga jual nya yang sangat tinggi, bahkan beberapa jenis ikan memiliki harga di atas 1 juta rupiah tiap satu ekornya. Beberapa ikan yang memiliki harga jual tinggi adalah ikan arwana, ikan berta, ikan mas, ikan koi dan masih banyak lagi.

5. Ternak hewan reptil Hias
Hewan Reptil memiliki peminat yang sangat besar di Indonesia, meski beberapa hewan ini memiliki penampilan yang menyeramkan seperti Ular dan Iguana, kedua hewan tersebut yang paling populer di kalangan pecinta reptil. Banyak orang yang menjadikan memelihara hewan tersebut sebagai hobi.

Tidak hanya itu reptil seperti Tokek pun juga sangat banyak peminatnya, karena tokek dipercaya bisa menyembuhkan penyakit HIV yang obatnya sudah di kembangkan oleh dunia kedokteran di Singapura. Jumlah tokek pun semakin berkurang, jadi mungkin bisa menjadi prospek yang menguntungkan bila anda beternak tokek.

6. Ternak Lele
Ternak lele adalah usaha yang menjanjikan dengan modal yang kecil, selain itu juga tidak memerlukan lahan yang luas. Kebutuhan lele saat ini sedang naik dipasaran, banyak rumah makan yang membutuhkan banyak pasokan ikan lele untuk di jual kepada konsumen mereka. Budidaya ikan lele bisa menggunakan kolam terpal saja, jadi tidak perlu membuat tambak yang luas untuk mmeulai budidaya lele.

7. Ternak Kroto
Di Era modern ini mungkin sudah banyak jenis pakan unggas yang bermunculan, salah satunya Kroto. Kroto dihasilkan dari semut rangrang. Bisnis yang satu ini tergolong sangat menguntungkan mengingat jumlah kroto di alam liar sudah semakin menipis. Melihat hal tersebut, tentu sangat menguntungkan bila anda beternak kroto. Banyak penjual pakan burung yang sedang mencari petani kroto dengan hasil yang banyak.

Itulah beberapa ide dari usaha ternak lahan sempit yang bisa anda jadikan sebagai sumber ide untuk memulai suatu usaha ternak dengan lahan yang sempit. Jika anda memiliki lahan dan modal yang cukup besar tidak ada salahnya mencoba ternak dengan skala yang lebih besar seperti sapi atau kambing, untuk melihat apa saja hewan ternak yang bisa di jadikan peluang usaha selain ide diatas, silahkan baca Contoh Usaha Ternak Hewan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

0 komentar:

Posting Komentar