Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Tips Jualan Kopi Keliling Pakai Motor atau Sepeda

Jualan Kopi Keliling Pakai Motor - Semua orang pasti mengenal minuman yang bernama Kopi, Minuman berwarna hitam itu banyak di sukai oleh orang karena mengandung kafein yang bermanfaat untuk menahan ngantuk di kala sedang bekerja. Saya sendiri sangat senang menulis artikel ditemani secangkir kopi dan camilan. Banyak negara yang mengakui bahwa biji kopi yang berasal dari Indonesia memiliki kualitas rasa yang sangat nikmat.


Namun siapa sangka minuman yang sering anda minum tersebut bisa menjadi peluang usaha yang bisa anda jalankan?, sebagai usaha sampingan atau pun usaha utama. Prospek jualan kopi keliling ini sangat menguntungkan dan tepat untuk dijadikan bisnis sampingan dan di lakukan pada malam hari, karena pada dasarnya setiap orang sangat suka meminum kopi di malam hari ketika bersantai. Nah, bagi anda yang ingin menjalankan usaha kopi keliling ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulainya, silahkan simak di bawah ini :

1. Berapa modal yang dibutuhkan untuk jualan kopi keliling ?
Ya, semua usaha pasti membutuhkan modal. Untuk membuka usaha jualan kopi keliling tidak membutuhkan modal yang besar, dan bisa dilakukan dengan kendaraan seperti motor atau sepeda pancal. Modal utama digunakan untuk membuat gerobak, membeli berbagai macam merk kopi, Termos air panas dan untuk Es batu, Kompor gas, LPG 3 Kg, dan keperluan lainnya. Modal yang di butuhkan untuk membeli perlengkapan tersebut sekitar 1,5 juta untuk skala sederhana.

2. Buat Promosi
Jualan keliling kok pakai promosi, kan tinggal keliling aja?. Tidak ada salahnya kalau menjadi penjual yang beda dari yang lain. Untuk jualan keliling juga bisa berpromosi loh. misalnya saja memberikan diskon harga di awal-awal berjualan, berjualan dengan cara berteriak "Kopi enak, Kopi mantap, masih ada diskon", ini juga merupakan teknik promosi. Meskipun harga kopi murah, tetap saja semua orang sangat suka dengan hal yang berbau DISKON.

Jangan lupa untuk membuat banner kecil untuk dipasang di rombong bagian belakang. Beberapa ide desain dan cara penataan rombong jual kopi keliling seperti dibawah ini








3. Jangan hanya jual Kopi saja
Terkadang orang juga ingin membeli minuman es seperti marimas dan pop Ice. Meskipun anda menjual kopi keliling, tidak ada salahnya menjual minuman es juga, selain bisa memberikan variasi pilihan kepada pembeli, juga bisa menambah pendapatan juga bukan?.

4. Cari tempat keliling dan Konsisten
Strategi utama penjual keliling adalah konsisten berjualan di tempat yang sama dan jam sama. Yang menjadikan pembeli sebagai pelanggan tetap pedagang keliling adalah karena lewat di jam yang sama, misal saja anda menjual kopi di tempat A di jam 19.00, maka pelanggan anda akan hafal dan selalu berlangganan.

Tempat yang paling strategis untuk memulai usaha jualan kopi keliling seperti dekat taman yang ramai, kampus, terminal atau tempat yang banyak orang lewat dan nongkrong. Anda boleh saja berpindah tempat jualan saat jika tempat tersebut sepi pembeli, dan cari tempat lain yang ramai, jika kiranya tempat tersebut ada yang membeli, besoknya anda harus datang ke tempat itu lagi untuk mendapatkan pembeli.

5. Setelah keliling cari tempat untuk mangkal
Kesalahan para pedang keliling yang sering di lakukan adalah setelah keliling mereka tidak memiliki tempat mangkal yang menetap. Jika anda sudah berkeliling di tempat wilayah dagang anda, carilah tempat untuk menetap sebelum pulang, bersabarlah menunggu pembeli, jika mendapat beberapa pembeli lumayan untuk menambah penghasilan. baca juga jualan keliling pakai motor

6. Jangan terburu buru pergi
Jika anda membawa dagangan melewati tempat yang ramai, jangan melaju dengan cepat, pelan-pelan saja sambil berteriak promosi yang sudah di bahas di poin 2, untuk menunggu pembeli yang tertarik membeli kopi atau minuman es anda. biasanya sebelum membeli konsumen akan berpikir sejenak sebelum memutuskan membeli atau tidak, maka dari itu jika anda berjalan pelan, masih memungkinkan para konsumen untuk memanggil dan membeli kopi.

7. Bersikap Ramah terhadap Pembeli
Faktor lain yang tak kalah penting adalah bersikap ramah terhadap pembeli. Rata-rata orang membeli di pedagang keliling ada 2 sebab, yang pertama adalah karena makanan/ minuman yang dijual enak, atau suka dengan penjualnya yang ramah dan enak diajak ngobrol. Apalagi jika penjual dan pembeli sudah saling mengenal dan akrab, sudah di pastikan ia akan menjadi pelanggan tetap. Oleh karena itu selalu ramah dan berbuat baiklah kepada setiap pembeli.

Demikianlah artikel tentang Tips Jualan Kopi Keliling Pakai Motor, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memulai usaha keliling dengan menggunakan sepeda motor. Banyak keuntungan jika berjualan keliling seperti tidak perlu membayar sewa tempat, anda bisa leluasa jualan di mana saja. Tapi harus perhatikan juga lokasi tersebut strategis atau tidak.

Baca juga usaha jualan sayur keliling

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Jualan Kopi Keliling Pakai Motor atau Sepeda

1 komentar:

  1. INGSYAALLAH BERHASIL DENGAN BERNIAT IBADAH MENCARI NAFKAH BUAT MASA DEPAN DAN PUNYA NIAT YG BAIK SERTA TEKAD YANG KUAT PASTI ADA JALAN SESULIT APAPUN ITU HIDUP HARUS KITA JALANI DENGAN TAWAKAL SABAR BERUSAHA SAMBIL BERDO,A

    BalasHapus