Berbagai Peluang

Berbagai Peluang adalah Blog yang membahas tentang berbagai macam kumpulan ide peluang usaha yang bisa membantu anda dalam memilih usaha yang akan anda jalankan

Inilah Persiapan Membuka Usaha Bimbingan Belajar di Rumah

persiapan membuka bimbingan belajar - Peluang usaha yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini sangat cocok di gunakan bagi kalian yang masih kuliah, atau pun yang sudah bekerja tapi ingin mendirikan usaha sampingan. Membuka usaha les privat atau bimbingan belajar bisa di bilang usaha yang sangat efisien tanpa mengeluarkan modal banyak, Dengan ilmu pengetahuan yang anda miliki, sudah bisa menjadi sumber penghasilan tambahan di rumah anda.


Selain itu usaha ini juga sangat tepat di jalankan Ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang yang bisa menghasilkan uang di sela sela mengurus keluarganya. Keuntungan lain dari membuka usaha bimbingan belajar adalah tidak menyita banyak waktu. Biasanya anak-anak akan les pada malam hari sekitar jam 6, durasi les juga di tentukan berdasarkan kesepakatan antara pembimbing dan orang tua anak. Rata-rata jam bimbel anak kisaran 1 sampai 1 setengah jam. Untuk usaha bimbingan belajar ini, anda bisa mengajari anak tingkat SD, SMP dan SMA.

Jika anda sudah punya niat yang kuat untuk segera memulai usaha ini, mungkin wacana tentang cara membuka bimbel sendiri di blog ini bisa bermanfaat sebagai riset anda sebelum memulainya :

1. Siapkan mental dan tekat
Persiapan awal yang harus anda siapkan adalah mental dan tekat yang kuat. Hal itu harus dimiliki oleh semua orang yang ingin membuka usaha apapun. Banyak hal yang akan terjadi bila anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis khususnya bimbingan belajar ini. misalnya saja anda harus menyisihkan tenaga untuk mengajar anak-anak pada malam hari, meskipun pagi sampai sore anda bekerja sebagai karyawan. Tentu saja hal tersebut terasa berat.

Maka dari itu anda perlu memotivasi diri dengan cara mengikuti berbagai macam seminar motivasi bisnis dan membaca buku-buku motivasi. Selain itu anda juga perlu berlatih berkomunikasi dengan baik, karena menjadi guru les juga termasuk pekerjaan public speaking, supaya murid-murid mudah mencerna pelajaran yang anda jelaskan. Jika anda adalah seorang guru atau pernah mengajar di sekolah, tentu hal ini akan jauh lebih mudah.

Baca juga Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

2. Pastikan anda menguasai berbagai macam pelajaran
Ini adalah modal awal yang harus anda miliki bila ingin membuka bimbingan belajar dirumah. Saya yakin anda yang tertarik membuka usaha les adalah orang yang terpelajar dan memiliki banyak pengetahuan tentang dunia pendidikan. Tidak ada salahnya juga anda belajar kembali untuk mengasah pengetahuan dan ilmu anda, contohnya bila anda yakin sudah menguasai mata pelajaran tingkat SD, maka anda bisa belajar mata pelajaran tingkat SMP dan SMA, karena pelajaran pada tingkatan SD, SMP dan SMA sangat berbeda.

3. Siapkan keperluan Bimbingan Belajar
Modal yang harus di keluarkan untuk memulai usaha bimbel tidak banyak. keperluan yang harus anda miliki untuk membuka bimbingan belajar adalah buku pelajaran, buku tulis, pensil, bolpoin, papan tulis putih. Untuk meja dan kursi anda bisa memanfaatkan meja yang sudah ada di rumah anda, jika tidak ada belilah meja kecil lipat yang biasa digunakan untuk belajar, meja lipat tidak membutuhkan kursi dan hanya bisa lesehan, jadi anda harus menyiapkan karpet

4. Buat ruangan Khusus dan fasilitas pendukung
Jika anda memiliki ruangan yang tidak terpakai, manfaatkan saja ruangan tersebut untuk tempat bimbingan belajar. Buat ruangan tersebut se nyaman mungkin, supaya anak bisa betah berlama-lama belajar di ruangan tersebut. Tambahkan juga fasilitas pendukung seperti pendingin AC atau kipas angin.

5. Promosi
Jika semua persiapan diri anda matang dan fasilitas pendukung sudah terpenuhi, sekarang anda harus mencari konsumen, yaitu anak yang ingin di ajar oleh anda. Promosi paling sederhana adalah anda bisa memasang spanduk tentang promosi les di depan rumah, atau bisa juga membagikan brosur di depan sekolah-sekolah, pada sekolah SD dan SMP sebelum jam pulang sekolah pasti ada banyak orang tua yang menunggu anaknya pulang, nah manfaatkan kesempatan ini untuk membagikan brosur kepada para orang tua anak.

6.  Hambatan usaha Bimbingan belajar
Selain itu banyak hambatan yang harus anda hadapi ketika memulai usaha ini, yaitu tidak adanya anak yang mendaftar les di tempat anda. Solusinya adalah anda harus terus gencar melakukan promosi seperti poin 5, kalau perlu promosikan juga di media sosial. Selain itu ada hambatan lain yaitu rasa malas anak dalam belajar, untuk mengatasi masalah itu anda harus bisa mengubah mindset belajar menjadi hal yang menyenangkan, misalnya saja setelah belajar bicara lah hal yang menyenangkan dengan anak, misalnya berbicara masalah hobi si anak.

Itulah artikel tentang persiapan membuka bimbingan belajar  yang bisa anda gunakan sebagai bahan evaluasi sebelum memulai usaha ini. Saya yakin juga anda mengikuti poin di atas, anda kan sukses membuka usaha tempat bimbingan belajar. Semoga bermanfaat.

Baca juga usaha sampingan anak kuliahan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Persiapan Membuka Usaha Bimbingan Belajar di Rumah

1 komentar:


  1. I'm not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for excellent information I was looking for this information for my mission. aol mail login

    BalasHapus